Antarctica

ANTARTICA

Antarctica (2011)
Sutradara: Katsuo Fukuzawa
Skenario: Kitamura Taiichi (novel), Yoshihiro Izumi
Genre: Drama Adventure
Pemain: Takuya Kimura, Haruka Ayase, Masato Sakai, Yusuke Yamamoto, Yu Yoshizawa, Yoshinori Okada, Kotaro Shiga, Yosuke Kawamura, Ishimito Doronzu, Susumu Terajima, Naoto Ogata, Kyohei Shibata, Mana Ashida, Mizuke Inoue
Komen: 9

Sinopsis
KISAH menyentuh tentang cinta dan kehidupan, serta rasa kebangsaan yang terjadi pascaperang dunia yang melibatkan Jepang dan keruntuhan setelah kejatuhan bom di Hiroshima dan Nagasaki.

Dikisahkan, pada 1958 usai perang, orang-orang Jepang berjuang untuk bangkit kembali. Berjuang agar Jepang tidak dijauhi dunia. Sebelum dijadikan film seri, pada 1983 Antartika pernah difilmkan dan mendapat penghargaan sebagai film berbahasa asing terbaik di Academy Award ke-56 dan menjadi film box office di masanya.

Beberapa tahun kemudian, film seri yang dibintangi Takuya Kimura kembali menyedot perhatian dengan rata-rata rating 18% dan di akhir film memperoleh rating 22%.

Berkisah tentang perjuangan Takeshi Kuromochi dan beberapa ilmuwan yang ingin mengikut sertakan Jepang dalam ekspedisi antartika dunia. Mereka menghadiri pertemuan antarnegara dan mendapat hinaan karena posisi Jepang setelah perang dunia II. Meski demikian, mereka mendapat lampu hijau mengikuti ekspedisi tersebut, dan memperoleh rute sulit.

Ketika rencana ekspedisi tersebut disampaikan, pemerintah Jepang menolak dengan alasan kondisi ekonomi negara sedang sulit. Namun di kalangan bawah, terutama sekolah-sekolah, terjadi pergerakan mengumpulkan dana agar Jepang bisa ikut ekspedisi dunia, sehingga bisa membangkitkan kembali harga diri Jepang.

Akhirnya mereka mendapat sinyal hijau dari pemerintah dengan dana minim. Sebuah kapal tua diperbaiki untuk menjalankan ekspedisi, dilengkapi dengan pemecah salju. Masalahnya, bagaiman untuk mengatasi perjalanan di atas salju? Seorang ilmuwan menyebutkan perlunya bantuan dari anjing jenis Sakhalin yang tahan udara dingin namun jumlahnya tinggal sedikit.

Kuramochi berjuang mendapatkan anjing-anjing jenis tersebut, yang beberapa di antaranya pernah mengikuti ekspedisi antartika yang diketuai kakek Kuramochi.

Kemudian dikisahkan bagaimana hubungan emosional antara kru ekspedisi dan anjing-anjing yang terbukti sudah beberapa kali menyelamatkan nyawa kru, ketika mereka tinggal satu tahun di antartika.

Setelah satu tahun, tiba saatnya untuk pulang. Ekspedisi kedua diutus untuk menggantikan dan kru ekspedisi pertama akan pulang. Namun, karena badai dan cuaca yang tidak mendukung, kru ekspedisi pertama diminta pulang, tetapi janji untuk menjemput anjing-anjing yang sudah menjadi keluarga bagi kru ekspedisi pertama tidak bisa dipenuhi.

Drama ini tidak hanya menceritakan tentang cinta dan kehidupan, tetapi juga keajaiban, saat akhirnya ekspedisi untuk menyelamatkan anjing-anjing tersebut dilakukan. Beberapa bisa bertahan, dan banyak di antaranya yang mati menghadapi keganasan Antartika.

Menyentuh, bukan hanya tentang ksiah manusianya, tetapi juga kesetiaan anjing-anjing yang kehidupannya juga disorot dalam film ini.

Leave a comment

Filed under Film Seri, Jepang, Rekomendasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s