Tree of Heaven

treeofheaven

Tree of Heaven (2006)
Sutradara: Jang-su Lee
Skenario: Moon Hee-Jung, Nam-hee Kim
Genre: Melodrama
Pemain: Park Shin-hye, Lee Wan, Reina Asami, Asahi Uchida
Komentar: 8,5

Sinopsis
SEPERTI melodrama pada umumnya, film ini pun penuh akting dengan derai air mata. Untungnya, jalan cerita tidak terlalu bertele-tele dan kemasannya cukup mengaduk emosi, meski secara logika, beberapa titik cerita agak mengganggu.

Tree of Heaven bercerita tentang Hana, remaja Jepang yang ceria, optimistis, dan penuh kasih sayang. Hana tinggal di penginapan air panas milik ibunya. Sepuluh tahun lalu, ayah Hana meninggal dunia, dan Hana hanya hidup bersama ibu, bibi, dan saudara sepupunya Maya.

Setelah sepuluh tahun berlalu, sang ibu menemukan jodoh pria Korea. Hana merestui perkawinan sang ibu. Ayah barunya pindah ke Jepang dengan membawa Yoon Seo, putra satu-satunya yang memiliki tatapan liar, dingin, dan antisosial, sejak ibunya meninggal ketika usianya belum genap 10 tahun.

Hana menyambut gembira keluarga barunya, mempelajari Bahasa Korea, dan menerima sang kakak yang aneh dengan hati terbuka. Namun di tengah kebahagiaan itu, muncul kabar menyedihkan tentang hilangnya kedua orangtua mereka ketika sedang berbulan madu.

Sang bibi dan sepupunya Maya yang selama ini selalu iri dengan nasib Hana, melihat musibah tersebut sebagai kesempatan untuk menindas Hana.

Sementara itu, Hana terus menjaga sang kakak, sesuai dengan pesan ibunya ketika terakhir berkomunikasi lewat telepon. Sang ibu meminta Hana membantu Yoon Seo yang mengalami banyak kesulitan sejak ibunya meninggal. Akhirnya, keceriaan, kebaikan, dan ketulusan Hana menyentuh Yoon Seo.

Untuk pertamakalinya Yoon Seo berbicara. Hana mencatat dan mencari arti kalimat yang diucapkan Yoon Seo dalam  kamus Korea-Jepang. Kata sang kakak: “Aku akan menjagamu selamanya, percayalah padaku.”

Kasih sayang Yoon Seo dan Hana berkembang menjadi cinta. Namun, Hana berupaya keras menyangkal perasaannya, karena secara hukum mereka adalah kakak beradik. Hana berupaya menerima cinta Asahi Uchida, kakak kelas yang populer, tampan, kaya, dan pintar.

Lulus SMA, Hana bertekad akan ikut ke Tokyo, bekerja di hotel Asahi. Maya yang menginginkan cinta Asahi berusaha menghalangi, dan mendorong Yoon Seo untuk mencegah kepergian Hana. Tragedi pun dimulai. Hana terus berusaha menyangkal perasaannya, hingga akhirnya Yoon Seo pergi. Terlambat bagi Hana untuk berani mengungkapkan cintanya. Namun, dia bertekad akan menunggu karena percaya janji sang kakak untuk menjaganya selamanya.

Di tengah kesedihan karena kedua orangtuanya tidak ada kabar dan sang kakak pergi, Hana harus mengalami pengkhianatan bibi dan Maya sepupunya yang diam-diam menjual penginapan mereka.

Dua tahun lepas SMA, Hana dan sahabatnya Mika pergi ke Tokyo, bekerja di hotel Asahi yang setia menanti Hana. Sementara, Hana terus menunggu kehadiran sang kakak.

Akhirnya, Hana, Yoon Seo, Asahi, dan Maya bertemu lagi. Waktu telah membawa mereka ke jalan kehidupan yang sangat berbeda. Namun cinta, persahabatan, dan rasa persaingan tetaplah sama.

Yoon Seo semula memutuskan menjaga Hana dari kejauhan. Kehidupannya sebagai salah satu ketua mafia dia sadari bisa membahayakan nyawa Hana. Namun, jalan kehidupan memang tidak terduga. Meski dengan cara yang sarat kepedihan, Yoon Seo menepati janjinya untuk menjaga Hana, selamanya.

Leave a comment

Filed under Bagus, Film Seri, Korea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s