Ghost/Phantom

Ghost/Phantom (2012)
Skenario: Kim Eun Hee
Sutradara: Kim Hyung Suk
Genre: Crime, action, investegasi
Pemain: So Ji-sub, Lee Yeon-hee, Uhm Ki Joon, Kwak Do Won, Song ha Yoon, Daniel Choi, Im ji kyu, Kim wo hyun, Baek Seung hyun
Recomendasi: (9)

Sinopsis
Saya suka sekali ide cerita di film ini. Mengangkat kejahatan cyber, kekuatan pengetahuan di dunia maya jika jatuh ke orang yang salah, dan juga keberadaan hacker dan cracker. Film ini mengingatkan saya pada novel 1984 karya George Orwell yang dipublish pertamakali pada 1949. Dalam film ini digambarkan bagaimana kekuatan dunia cyber bisa mengintip kehidupan pribadi setiap individu dan kemudian memanipulasi, memanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

Bercerita tentang Kim Woo Hyun (So Ji Sub), putra tunggal perwira polisi berpangkat tinggi, lulusan terbaik akademi kepolisian, dan kemudian bergabung dalam departemen investegasi cyber yang baru terbentuk. Woo Hyun tengah sibuk mengejar hacker yang mencuri data-data penting di kepolisian dan departemen pemerintahan, dengan meninggalkan nama Hades.

Suatu ketika, rumor menyebar di dunia online tentang skandal seks artis populer Shin Hyo Jung. Di akun twitternya, artis ini meninggalkan pesan “saya ingin mati.”. Tidak lama kemudian dia ditemukan meninggal, loncat dari apartemennya. Ketika Shin Hyo Jung jatuh dari tingkat atas, kebetulan Kim Woo Hyun dan detektif perempuan cantik Yoo Gang Mi (Lee Yeon Hee) tengah menuju gedung tersebut, menelusuri IP adress Hades.

Woo Hyun menemukan Hades dan terlibat kejar-kejaran. Saat mereka berhadapan muka,Woo Hyun kaget. Hades adalah Park Gi Young, teman dekat di akademi polisi yang sudah seperti saudara, sama-sama genius di dunia cyber, sama-sama masuk ke departemen cyber, tetapi kemudian tanpa sebab jelas Gi Young mengundurkan diri. Kedua teman baik ini terputus kontak.

Gi Young menjelaskan bahwa bukan dirinya yang membunuh Shin Hyo Jung. Ada sesuatu yang lebih besar yang sedang terjadi, karena sebelumnya dia dikontak orang yang mengetahui jati dirinya sebagai Hades (sementara polisi belum tahu) untuk mengambil data Phantom di laptop Hyo Jung. Saat itu, Gi Young penasaran dan tengah mencoba masuk ke sistem Hyo Jung. Dia juga yang menyebarkan gambar peristiwa loncatnya Hyo Jung, karena dalam gambar tersebut ada bukti Hyo Jung dibunuh. Masalahnya, siapa pembunuhnya? Gi Young hanya mengetahui bahwa pembunuhnya menggunakan jam bergambar peta dunia.

Sementara itu, penulisan akun twitter Hyo Jung terbukti palsu. Tim investegasi cyber terus melakukan penelusuran. Kematian artis tersebut tidak hanya diselidiki tim investegasi cyber, tetapi juga detektif Kwon Hyuk Joo. Woo Hyun terus melakukan penyelidikan di apartemen, dan menemukan bahwa pembunuhnya tinggal disamping apartemen artis tersebut. Ketika dia mengetuk pintu, adegan menunjukkan keterkejutan Woo Hyun yang ternyata mengenal si pembunuh.

Hades pada akhirnya tertangkap, namun dia menemukan satu lagi bukti video. Hades atau Gi Young berhasil melarikan diri dan menyelinap ke penyimpanan barang bukti namun tertangkap basah oleh Yoo Gang Mi. Gi Young meyakinkan bahwa ada bukti tersimpan di laptopnya, mereka bisa melihat bersama. Keduanya terkejut menyaksikan video yang menggambarkan pembunuhan (dengan memberi racun) pada seorang pengusaha. Dalam video tersebut, ada tiga lelaki, si pembunuh, korban, dan satu pria yang mengejutkan mereka, karena ternyata adalah Woo Hyun.

Dari sini, Gi Young dan Woo Hyun berjanji bertemu di suatu tempat. Woo Hyun menodongkan pistol ke Gi Young, namun tidak menembakkan. Dan tiba-tiba saja, api menjalar di tempat pertemuan mereka yang penuh bahan bakar. Terjadi ledakan. Woo Hyun meninggal, dan sebelumnya dia sempat mengatakan bahwa di dalam tubuh kepolisian banyak mata-mata. Dia merasa harus meluruskan masalah tersebut. Sementara itu, Gi Young terluka parah, rusak di bagian wajah, punggung, kaki, dan tangan.

Saat di rumah sakit, Yoo gang Mi datang dan mendengar perkataan Gi Young yang meminta maaf karena Woo Hyun meninggal. Tidak lama kemudian, datang seseorang yang ingin membunuh Gi Young, namun diketahui oleh Yoo Gang Mi. Akhirnya Gang Mi memilih memercayai Gi Young yang bertekad mengungkap pembunuh sahabatnya dan juga pembunuhan artis Shin Hyu Jun yang membuat dirinya menjadi kambing hitam. Satu-satunya cara, dia harus mengubah jati diri menjadi Woo Hyun, dengan keyakinan si pembunuh pasti akan mengontak Woo Hyun, karena mereka saling kenal. Dengan bantuan Gang Mi, Gi Young yang dipercaya banyak pihak sebagai Woo Hyun melaksanakan proses penyembuhan dan operasi plastik.
Cerita film ini diwarnai dengan banyak aksi pembobolan sistem keamanan lewat dunia cyber. Juga penyusupan antivirus yang digunakan banyak perusahaan dan pemerintah, yang ternyata sebenarnya adalah program mata-mata yang bisa membaca seluruh data di dalam komputer, sehingga bisa dijadikan senjata bagi pemilik informasi.

Leave a comment

Filed under Film Seri, Korea, My Favorite, Rekomendasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s