Iljimae

Iljimae (2008)
Skenario: Choi Ran
Sutradara: Lee Yong Seok
Genre: Roman sejarah/kerajaan/komedi
Pemain: Lee Jun Ki, han Hyo Joo, Lee Young Ah, Park Shi Hoo

Komentar: (8,5)

Sinopsis
Setting kuno Iljimae dan akting Lee Jun Ki cukup mengesankan. Hanya saja, dipertengahan cerita, irama film ini agak melambat. Iljimae meraih cukup banyak penghargaan, termasuk untuk pemeran utamanya Lee Jun Ki. Ceritanya didasarkan pada intepretasi bebas dari komik karya Ko Yung Woo, yang dibuat berdasarkan cerita rakyat China dari Dinasti Ming. Wikipedia menyebutkan, plot cerita film ini berbeda dengan komik asli, karena terbentur hak cipta untuk adaptasi. Film  Iljimae memiliki beberapa versi antara lain buatan Hong Kong.

Iljimae bercerita tentang perjalanan hidup Gyeom, putra Lee Won Ho, saudara raja saat itu di Dinasti Joseon. Lee Won Ho dikenal sebagai pendukung raja yang setia, jujur, dan antikorupsi. Namun, raja merasa tersaingi dan mengatur pembunuhan seluruh keluarga Lee Won Ho. Raja membunuh sendiri saudaranya tersebut, dan mengatakan bahwa dalam satu tempat tidak akan bisa ada dua matahari kembar. Begitu kira-kira filosofi sang raja.


Gyeom, putra Lee Won Ho terkenal pintar, baik, dan pandai melukis. Dari tempat persembunyian dia menyaksikan pembunuhan ayahnya. Dia juga terpaksa melempar batu pada ibunya, dan ketika dewasa menyaksikan kematian kakaknya.

Saat peristiwa pembunuhan itu terjadi, usianya kira-kira 10 tahun. Karena shock berat, Gyeom kehilangan ingatan. Gyeom yang kemudian diberi nama Hyung diasuh oleh bekas pelayan keluarga Lee Won Ho yang dulu dicintai Lee Won Ho, namun karena suatu sebab ditinggalkan, tanpa tahu sedang hamil. Putra Lee Won Ho dari sang pelayan, akhirnya diasuh kaki tangan raja yang mendalangi pembunuhan.
Saat dewasa, perjalanan hidup Gyeom dimulai dengan menjadi preman pasar. Ketika ingatannya pulih,  diam-diam dia melakukan pencurian pencurian di keluarga kaya untuk mencari simbol di atas pedang yang dia lihat digunakan untuk membunuh ayahnya. Setiap kali mencuri, dia meninggalkan lukisan bunga, yang kemudian menjadi cikal bakal julukannya Iljimae.

Leave a comment

Filed under Bagus, Film Seri, Korea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s