The Legend of the Condor Heroes

The Legend of the Condor Heroes (2008)
Skenario: Louis Cha
Sutradara: Lee Kwok Lap
Genre: silat klasik
Pemain: Hu ge, Ariel Lin, Justin Yuan, Cecelia Liu

Komentar: (5.5)

Komentar: Versi 2008 mengecewakan dan jauh dari ekspektasi. Beberapa bagian jalan cerita berbeda dengan di buku, dan penggambaran karakter 7 pendekar aneh dari Jiangnan yang menjadi guru pertama Kwee Ceng,  sama sekali tidak tertangkap. Jauh lebih bagus film seri yang dibuat pada 1982 dan 1994.

Sinopsis

The Legend of the Condor Heroes diadaptasi dari cerita silat klasik karya Jin Yong. Novel trilogi Legenda Pendekar Pemanah Rajawali ini sangat dikenal di China dan negara-negara lain, terutama di kalangan masyarakat keturunan Tionghoa. Mereka mengagumi penggambaran detail tokoh, sejarah, dan geografi di novel silat ini. Trilogi novel Jung Yong ini adalah: Legenda Pendekar Pemanah Rajawali, Rajawali Sakti dan Pasangan Pendekar, dan Kisah Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga (To Liong To).  Dari tiga novel ini, sudah lahir banyak versi film seri mau pun satuannya. Untuk film seri, The Legend of the Condor Heroes yang diproduksi pada 2008 adalah yang terbaru.

Film ini berkisah tentang perjalanan hidup Kwee Ceng (Guo Jing), seorang anak yang dianggap bodoh, naif, dan baik hati dan juga perjalanan hidup Yo Kang saudara angkat Kwee Ceng yang terpisah dari kecil dan dibesarkan oleh Pangeran VI Negeri Kim, Wanyen Hunglieh yang menjadi musuh Dinasti Song. Kedua ayah Kwee Ceng dan Yo Kang adalah saudara angkat yang memerangi penjajahan Bangsa Kim. Mereka setia pada Dinasti Song, namun kemudian difitnah dan ayah Kwe Ceng terbunuh. Sebelum itu, mereka berjanji akan mengawinkan kedua anaknya, bila yang lahir adalah laki-laki dan perempuan. Jika keduanya lelaki, mereka akan meneruskan persaudaraan sang ayah.

Saat terjadi huru hara karena fitnah, ibu dari Kwe Ceng dan Yo Kang melarikan diri dalam kondisi hamil. Kwe Ceng lahir di tengah Bangsa Mongolia dan menjadi kesayangan Jengis Kan, sementara Yo Kang lahir dan dibesarkan Pangeran ke VI Bangsa Kim yang jatuh cinta pada ibunya.

Jalinan cerita semakin menarik karena kehadiran tokoh-tokoh dunia persilatan yang sakti dan unik. Mulai dari bocah tua nakal Ciu Pek Tong, Si sesat dari timur Oe Yok Su (anaknya Oey Yong memiliki kecerdasan luar biasa dan menjadi isteri Kwee Ceng), pengemis sakti dari Utara  Ang Cit Kong, Si racun bara Aw Yang Hong, dan kaisar selatan I Teng Tae Su. Selain menggambarkan perjalanan individu setiap tokoh, cerita ini dibalut perlawanan Dinasti Song pada Bangsa Kim.

Leave a comment

Filed under China, Film Seri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s